Senin, 06 Januari 2014



Mata Pelajaran                    :  Sosiologi
Kelas/Semester                    :  XII/Genap
Alokasi Waktu                     :  2 x 45 menit
        Standar Kompetensi            :  3.  Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar               :  3.1.  merancang metode penelitian social secara sederhana

Indikator
·         Merumuskan rancangan prosedur penelitian secara sederhana
Tujuan Pembelajaran
Ø  Menjelaskan arti pengumpulan  data
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.

Materi Pembelajaran
 PENGERTIAN PENGUMPULAN DATA
       Pengumpulan data adalah kegiatan mencari data di lapangan yang aka digunakan untuk menjawab masalah penelitian.
Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentai dn studi kepustakaan, angket atau daftar pertanyaan, wawancara dan observasi.

STUDI KEPUSTAKAAN
Merupakan suatu pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber kepustakaan,serti buku, majalah, Koran, data historis/ dokumen termasuk radio, televise dan media elektronik seperti internet.
Kelemahan :
  1. Informasi yang ada bias jadi tidak memenuhi kebutuhan peneliti karena dikumpulkan orang lain.
  2. Sulit menilai akurasi informasi
  3. Informasi sudah using dan tidak relevan dengan kebutuhan  saat ini.
Sumber  informsi : perpustakaan, museum, arsip , kantor-kantr berita, stasiun televise dan radio, internet.

ANGKET
Angket atau kuisioner adalah sebuah cara atau teknik yang digunakan oleh seorang peneliti untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan angket.
Langkah-langkah penyusunan angket :
  1. Merumuskan tujuan yang akan dicapai dengan kuisioner
  2. Mengidentifikasi variable
  3. Menjabarkan variable menjadi sub variable
  4. Menentukan jenis data yang akan dikumpulkan sekaligus
Angket dengan Pertanyaan Tertutup
  1. Sanksi apakah yang paling sesuai jika siswa terlambat datang ke sekolah ?
a.       Diberi teguran/ surat peringatan
b.       Dipulangkan
c.        Skorsing
d.       Diberi hukuman fisik
e.        Mengerjakan hukuman selain fisik
  1.  Apakah keterlambatan sekolah mengganggu pelajaran?
a.       Ya
b.       Tidak

Kelebihan angket tertutup
1.       Mudah diisi
2.       Waktu cepat
3.       Responden bebas menjawab
4.       Mudah diolah

ANGKET TERBUKA
Responden diberikan kebebasan untuk menjawab pertanyaan dengan  kalimat sendiri.
Contoh ;    Hukuman apakah yang  sesuai jika siswa terlambat sekolah ?
Jawab ;……………………………………………..
Kelebihan :
  1. Responden bebas menjawab sesuai dengan pendapatnya
  2. Variasi jawaban memperluas pandangan peneliti
Kekurangan :
  1. Sulit siolah karena jawaban beraneka ragam
  2. Membutuhkan waktu lama utnuk menjawab dan mengolah datanya

ANGKET SEMI TERBUKA
Responden menjawab dengan jawaban yang tersedia, namun masih diberikan kebebasan untuk mencari jawaban alternative bila jawaban yang tersedia kurang cocok.
Contoh ;
  1. Menurut anda  sanksi apakah yang paling sesuai  jika siswa terlambat sekolah ?
a.       Diberi teguran/ peringatan keras/SP
b.       Dipulangkan
c.        Diberi hukuman fisik
d.       Diberi hukuman non fisik
e.        ……………………………………(sebutkan)
Kelebihan :
  1. Responden bebas mengemukan pendapatnya
  2. Peneliti memperoleh variasi jawaban  yang mungkin tidak tergali
Kekurangan

  1. Sulit mengolahnya karena jawaban bervariasi
PRAKTEK
 Buatlah sampel angket  terbuka, tertutup, semi terbuka  masing-msing 5 subvarabel. Diskusikan dengan teman satu kelompokmu.

 

Bab 6.Penelitian Sosial: Pengolahan  Data


SOAL  TENDENSI SENTRAL

1.       Hitunglah rata-rata/mean dari bilangan-bilangan berikut ini
a.       11  13 16 19 15    10
b.      8 3 5 12 10
c.       5  3  6  5  4  5  2  8  6  5  4  8  3  4  5  4  8  2  5  4
2.       Seorang siswa SMA kelas XII memperoleh nilai ulangan matematika, ekonomi, geografi dan sosiologi masing-masing adalah 7,7,6, dan 6. Jika masing-masing bidang studi tersebut mempunyai  bobot kredit 4, 2, 3 dan 3, tentukan indeks prestasi siswa .

Tinggi/cm
Frekuensi
140-144
2
 145-149
4
150-154
10
155-159
14
160-164
12
165-169
5
170-174
3
3.       Tentukan rataan tinggi pada tabel distribusi frekuensi diatas
4.       Tentukan modus dari data berikut
a.       3,4,5,5,5,6,7
b.      6,6,7,7,8,8,9,10
c.       5,5,7,7,9,9
5.       Hitunglah modus dari tabel distribusi frekuensi dibawah ini
x
f
4
15
5
18
6
12
7
30
8
27
9
40
10
20
11
20
12
12



6.       Hitunglah modus dari tabel frekuensi berikut
interval
Frekuensi
1-4
2
5-8
5
9-12
8
13-16
9
17-20
12
21-24
14
25-28
14
29-32
15
33-36
11
37-40
13


7.       Hitunglah modus tabel nilai sosiologi kelas XII IPS SMA Kesatuan berikut
Nilai Sosiologi
Jumlah Siswa
1-3
8
4-6
12
7-10
20
11-15
10
16-20
16
21-25
25
26-30
45
31-40
60
41-50
20
51-60
13
61-80
15
81-100
4

8.       Hitunglah median data berikut
a.       5, 3  4  8  6  8  10
b.      11  5  9  7 18  5  12 15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





 

 

Bab 6. Penelitian Sosial : Hubungan antar Variabel

Mengukur derajat hubungan antar variabel yang diteliti, dapat digunakan statistik sederhana brikut ini


Rumus  :
                               
                               
n  =
Σx
Σy
Σxy
Σx





                               
                               



TUGAS  TERSTRUKTUR  KELOMPOK SOSIAL

Analisis   kasus

Carilah  gambar/ artikel yang menuat tentang kelompokikelompok sosial yang ada di masyarakat. Baatlah analisis dengan memperhatikan rubrik penilian analisis. Jangan luupa selalu mencantumkan  sumber, tangal dan hari  pemutan artikel tersebut.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ke-1


SMA                                       :  SMA Kesatuan
Mata Pelajaran                      :  Sosiologi
Kelas/Semester                     :  XI/GENAP
Alokasi Waktu                      :  2 x 45 menit
         Standar Kompetensi             :  2   Menganalisis kelompok sosial dalam masayrakat multikultural
         Kompetensi Dasar               :  2.1. Mendeskripsikan  erbagai kelompok sosial  dalam fenomena kehidupan
======================================================================
A.     Indikator

  • Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multicultural

  • Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultural

B. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat   menggali informasi  melalalui studi pustaka dan media massa tentang masyrakat multikultural

C. Materi Pembelajaran
Standar Kompetensi Lulusan :
               
KELOMPOK SOSIAL

1.       pengertian kelompok sosial
Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya manusia saling tergantung dengan manusia lain. Ketergantungan dan keterkaitan tersebut mendorong timbulnya kelompok sosial. Kelompok sosial merupakan kumpulan individu yang memiliki hubungandan sling berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya kebersamaan dan rasa memiliki
        Suatu kelompok sosial cenderung bersifat dinamis, selalu berkembang dan mengalami perubahan dalam aktivitas maupun bentuknya
        Setiap kelompok osial mengembangkan sistem  norma dan kebudayaannya sendiri-sendiri. Kenyataan ini menjadi benih munculnya masyarakat
     
2.       Dasar dasar pembentukan kelompok sosial
Beberapa dasar yang melandasi masyarakat membentuk kelompok sosial secara umum adalah.
  1. kepentingan yang sama
  2. factor geografis
  3. darah dan keturunan yang sama
  4. daerah asal yang sama

3.       Bentuk-bentuk kelompok sosial
Bentuk-bentuk kelompok sosial dapat dibedakan berdasarkan cara terbentuknya, erat longgarnya kualitas hubungan antar anggota, pencapaian tujuan dan sudut pandang individu
1.       berdasarkan cara terbentuknya, dibedakan menjadi kelompok semu dan kelompok nyata
a.       kelompok semu dibedakan dalam bentuk
1.  .  kerumunan
2..    massa
3.     publik
 b.   kelompok nyata
        1.   kelompok statistic
        2.   kemasyarakatan
        3.   kelompok asosiasi
        4,   kelompok sosial
2.       Berdasarkan erat longarnya ikatan antar manusia menurut Ferdinand Tonnies  yaitu
a. paguyuban/ gemeinschaft= bentuk kehidupan bersama yang anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah dan bersifat kekal contoh: kelompok kekerabatan, keluarga, RT, RW
Ciri paguyuban :  intimate, private, exclusive
B. patembayan/ gesellschaft merupakan iatan lahir yang bersifat pokok , hanka waktu pendek, bersifat p[ikiran / imaginary struktur bersifat mekanis, ada perjanjian timbale balik contoh ikatan pedagang, serikat pekerja
Ada 3 tipe paguyuban;
a. paguyuban karena ikatan darah berdaarkan keturunan contoh keluarga, kelompok kekerabatan
b. paguyuban karena tempat , cirri tinggal berdekatan, saling tolong menolong contoh RT RW, arisan
c. paguyuban karena jiwa pikiran

3.       berdasarkan kualitas hubungan antar anggota / Charles Horton Cooley
a. kelompok primer
cirri kenal –mengenal, kerjasama erat, bersifat pribadi, kelompok kecil, kesamaan tujuan kelompok
b.  kelompok sekunder
kelompok besar terdiri dari banyak orang contoh Negara

4.       Berdasarkan pencapaian tujuan
a.  kelompok formal adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan anggota untuk mengatur hubungan
contoh ;  OSIS
b. kelompok informal= kelompok yang tidak mempunyai struktur organisasi yang pasti terbentuk karena sering ada pertemuan-ertemuan contoh  reuni
5.       berdasarkan sudut pandang individu
Roberrt K Merton
a.  in group/ kelompok sendiri
b.  out group/ kelompok luar
Bentuk kelompok menurut Robert merton
a.  membership group
b. reference group
Bentuk kelompok menurut Emille durkheim
a. kelompok organis
b. kelompok mekanis


D. Metode Pembelajaran
·         Metode :  Ceramah, diskusi, penugasan

E. Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan (15 menit)
  • Guru memotivasi siswa
  • Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
  • Guru menjelaskan tentang pengenalan atom
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Eksplorasi
·         Guru membagi kelompok untuk melakukan diskusi
·         Guru memberikan tugas kelompok
  • Siswa mencari informasi tentang KELOMPOK SOSIAL melalui studi literatur melalui perpustakaan/internet.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa

b. Elaborasi
  • Siswa mendiskusikan hasil studi literatur bersama kelompok
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusi
  • Guru memfasilitasi siswa untuk mengajukan pertanyaan/pendapat pada saat diskusi
c. Konfirmasi
  • Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar tentang KELOMPOK  SOSIAL
  • Guru memberikan umpan balik positif terhadap siswa/kelompok yang aktif dalam melaksanakan diskusi
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum/kurang aktif dalam melaksanakan diskusi.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
Siswa menyimpulkan hasil diskusi dengan dibantu oleh guru
Guru memberikan evaluasi berupa kuis yang dikerjakan secara individu


F.  Sumber dan Media Pembelajaran
Janu Murdiyanto dan Citra Handayani, 2011. Advanced Learning Sociology 2. Bandung : Grafindo , Dra. Kun Maryati dan Juju Suryawati,S.Pd (2010), Sosiologi untuk SMA dan MA
Kelas XII,Jakarta:Penerbit Erlangga
buku penunjang lainnya, serta internet yang dapat diperoleh antara lain dari web-web berikut ini:
-   www. Kompas.org
Media    : lembar kerja siswa, modul , kliping Koran dari Kompas


A.   b. Unjuk kerja
        1)  Aspek yang dinilai
    Afektif :
·   Ketepatan waktu dalam mengumpulkan laporan
·   Disiplin dalam menyimak siswa lain yang sedang presentasi
·   Keaktifan siswa dalam melaksanakan diskusi


2) Tabel penilaian   Afektif

Aspek yang dinilai
Tinggi
Sedang
Rendah

  • Ketepatan waktu dalam mengumpulkan laporan

  • Disiplin dalam menyimak siswa lain yang sedang presentasi

  • Keaktifan siswa dalam melaksanakan diskusi


Tepat waktu

,menyimak
Menanggapi

Bertanya
Dan menanggapi

Terlambat sehari

Menyimak

bertanya

Terlambat lebih dari sehari

Tidak menyimak

Tidak bertanya maupun menanggapi

Penilaian  Observasi Perilaku

INDIKATOR
SKOR MAX
SKOR ANDA
Fokus pada hal-hal yang dilakukan
5

Aktif mencari dan mengusulkan pemecahan masalah
5

Melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab
5

Mendorong dan mendukung usaha teman-teman dalam kelompok
5

Mendengarkan dengan penuh perhatian, berinteraksi , berdiskusi dan mengajukan pertanyaan ketika berdiskusi
5

Membuat kesepakatan yang diperlukan guna menyempurnakan tujuan bersama
5

Hasil kerja kelompok
5

SKOR TOTAL