Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XII/Genap
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3.
Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar :
3.1. merancang metode
penelitian social secara sederhana
Indikator
·
Merumuskan
rancangan prosedur penelitian secara sederhana
Tujuan Pembelajaran
Ø
Menjelaskan arti
pengumpulan data
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air
, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan,
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
Materi Pembelajaran
PENGERTIAN PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data adalah kegiatan mencari
data di lapangan yang aka digunakan untuk menjawab masalah penelitian.
Pengumpulan
data dilakukan dengan dokumentai dn studi kepustakaan, angket atau daftar
pertanyaan, wawancara dan observasi.
STUDI
KEPUSTAKAAN
Merupakan
suatu pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber kepustakaan,serti
buku, majalah, Koran, data historis/ dokumen termasuk radio, televise dan media
elektronik seperti internet.
Kelemahan
:
- Informasi yang ada bias jadi tidak memenuhi kebutuhan peneliti
karena dikumpulkan orang lain.
- Sulit menilai akurasi informasi
- Informasi sudah using dan tidak relevan dengan kebutuhan saat ini.
Sumber informsi : perpustakaan, museum, arsip ,
kantor-kantr berita, stasiun televise dan radio, internet.
ANGKET
Angket
atau kuisioner adalah sebuah cara atau teknik yang digunakan oleh seorang
peneliti untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan angket.
Langkah-langkah
penyusunan angket :
- Merumuskan tujuan yang akan dicapai dengan kuisioner
- Mengidentifikasi variable
- Menjabarkan variable menjadi sub variable
- Menentukan jenis data yang akan dikumpulkan sekaligus
Angket
dengan Pertanyaan Tertutup
- Sanksi apakah yang paling sesuai jika siswa terlambat datang ke
sekolah ?
a. Diberi teguran/ surat peringatan
b. Dipulangkan
c.
Skorsing
d. Diberi hukuman fisik
e.
Mengerjakan hukuman selain
fisik
- Apakah keterlambatan sekolah
mengganggu pelajaran?
a. Ya
b. Tidak
Kelebihan angket tertutup
1. Mudah diisi
2. Waktu cepat
3. Responden bebas menjawab
4. Mudah diolah
ANGKET
TERBUKA
Responden
diberikan kebebasan untuk menjawab pertanyaan dengan kalimat sendiri.
Contoh
; Hukuman apakah yang sesuai jika siswa terlambat sekolah ?
Jawab ;……………………………………………..
Kelebihan
:
- Responden bebas menjawab sesuai dengan pendapatnya
- Variasi jawaban memperluas pandangan peneliti
Kekurangan
:
- Sulit siolah karena jawaban beraneka ragam
- Membutuhkan waktu lama utnuk menjawab dan mengolah datanya
ANGKET
SEMI TERBUKA
Responden
menjawab dengan jawaban yang tersedia, namun masih diberikan kebebasan untuk
mencari jawaban alternative bila jawaban yang tersedia kurang cocok.
Contoh
;
- Menurut anda sanksi apakah
yang paling sesuai jika siswa
terlambat sekolah ?
a. Diberi teguran/ peringatan keras/SP
b. Dipulangkan
c.
Diberi hukuman fisik
d. Diberi hukuman non fisik
e.
……………………………………(sebutkan)
Kelebihan
:
- Responden bebas mengemukan pendapatnya
- Peneliti memperoleh variasi jawaban
yang mungkin tidak tergali
Kekurangan
- Sulit mengolahnya karena jawaban bervariasi
PRAKTEK
Buatlah
sampel angket terbuka, tertutup, semi
terbuka masing-msing 5 subvarabel.
Diskusikan dengan teman satu kelompokmu.