Selasa, 30 Juli 2013

Catatan Struktur Sosial

Indikator   
o    Menjelaskan struktur sosial dalam masyarakat
o    Mengidentifikasi struktur sosial dalam tahap perkembangan masyarakat

STRUKTUR SOSIAL
Sruktur sosial menurut  beberapa ahli :
COLEMAN              : sebuah pola hubungan taramanusia dan atau antar kelompok
KORNBLUM            :  pola perilaku berulang-ulang yang menciptakan hubungan antar individu da antara kelompok  dalam masayrakat                   
SOERJONO SOEKANTO ;  struktur sosial adalah hbungan timbal balik  antara posisi-posisi sosial dan antara peranan-peranan.
Dengan demikian secara sederhana dapat dikatakan bahwa struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial  yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial dan lapisan-lapisan sosial.
CIRI-CIRI STRUKTUR  SOSIAL
a.      struktur sosial mengacu pada hubungan –hubungan sosial  yang pokok yan gdaspat memberikan bentuk dasar pada masyrakat dan emberikanbatas-batas pada aksi-aksi yang kemungkinan besar dilakukan secara organisatoris.
b.      Struktur sosial mencakup semua hubungan sosial antara individu-individu pada saat tertentu
c.       Struktur sosial merupakan  seluruh  kebudayaan masyarakat
d.      Struktur sosial merupakan ralitas sosial yang bersifat statis sehingga kerangka tatanannya dapat dilihat dari berbagai bagian yang membentuk strukturnya
e.      Struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan  dasn perkembangan masyrakat yang mengandung dua pengertian.
1.     dalam struktur sosial terdaspat peranan yang  bersifat empiris dalam proses perubahan dan perkembangan.
2.     dalam setiap  perubahan dan perkembangan tersebut terdapat tahap perhentian dimana terjadi stabilitas, keteraturan dan integrasi sosial yang berkesinambungan sebelum kemudian terancam oleh proses ketidakpuasan dalam tubuh masyarakat.
Dalam struktur sosial umumnya terdapat perilaku-perilaku sosial yang cenderung tetap  da teratur sehingga dapat dilihat sebagainpembatas terhadap perilaku individu dan kelompok. Dalam sebuah struktur sosial, individu atau kelompok akan cenderung menyesuaikan perilakuknya dengan keteraturan kelompok atau masyarakatnya.

BENTUK/TIPE STRUKTUR SOSIAL
menurut peter M  Blau ;
1.     intersected socal structure / interseksi, artinya  jika keanggotaan dalam kelompok-kelompok sosial ada yang bersifat menyilang, arinya keanggotaan dalam kelompok-kelompok  sosial tersebut mimiliki latar belakang ras, suku bangsa dan agama yang berbeda-beda seprti dalam masyarakat majemuk
2.     Consolidated social structure/ konsolidasi sosial, yaitu jika dalam suatu kelompok terjadi tumpang tindih parameter/ ukuran nilai  sehingga terjadi penguatan identitas keanggotaan dalam sebuah kelompok sosial/ masyarakat.
Secara umum, stuktur sosial dapat dilihat secara horisontal dan vertikal. Dalam masyarakat  beragam, pengelompokan horisontal yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis, klen dan agama disebut dengan istilah kemajemukan masyarakat, sedangkan perbedaan profesi/pekerjaandan jenis kelamin disebut  dengan  heterogenitas ssial. kemajemukan sososial didasarkan  pada tiga hal yaitu ciri fisik, ciri sosial dan ciri budaya.fungsi dan peranannya
laki-laki menmberkedudukan sejajar dengan wanita

BENTUK  STRUKTUR SOSIAL
Struktur sosial dalam masyarakat meliputi  ketidaksamaan secara sejajar dan ketidak samaan secara vertikal.

Ketidaksamaan secara sejajar dinamakan diferensiasi sosial, sedang ketidaksamaan secara  vertikal    dinamakan stratifikasi sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar