Senin, 06 Januari 2014



Mata Pelajaran                    :  Sosiologi
Kelas/Semester                    :  XII/Genap
Alokasi Waktu                     :  2 x 45 menit
        Standar Kompetensi            :  3.  Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar               :  3.1.  merancang metode penelitian social secara sederhana

Indikator
·         Merumuskan rancangan prosedur penelitian secara sederhana
Tujuan Pembelajaran
Ø  Menjelaskan arti pengumpulan  data
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.

Materi Pembelajaran
 PENGERTIAN PENGUMPULAN DATA
       Pengumpulan data adalah kegiatan mencari data di lapangan yang aka digunakan untuk menjawab masalah penelitian.
Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentai dn studi kepustakaan, angket atau daftar pertanyaan, wawancara dan observasi.

STUDI KEPUSTAKAAN
Merupakan suatu pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber kepustakaan,serti buku, majalah, Koran, data historis/ dokumen termasuk radio, televise dan media elektronik seperti internet.
Kelemahan :
  1. Informasi yang ada bias jadi tidak memenuhi kebutuhan peneliti karena dikumpulkan orang lain.
  2. Sulit menilai akurasi informasi
  3. Informasi sudah using dan tidak relevan dengan kebutuhan  saat ini.
Sumber  informsi : perpustakaan, museum, arsip , kantor-kantr berita, stasiun televise dan radio, internet.

ANGKET
Angket atau kuisioner adalah sebuah cara atau teknik yang digunakan oleh seorang peneliti untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan angket.
Langkah-langkah penyusunan angket :
  1. Merumuskan tujuan yang akan dicapai dengan kuisioner
  2. Mengidentifikasi variable
  3. Menjabarkan variable menjadi sub variable
  4. Menentukan jenis data yang akan dikumpulkan sekaligus
Angket dengan Pertanyaan Tertutup
  1. Sanksi apakah yang paling sesuai jika siswa terlambat datang ke sekolah ?
a.       Diberi teguran/ surat peringatan
b.       Dipulangkan
c.        Skorsing
d.       Diberi hukuman fisik
e.        Mengerjakan hukuman selain fisik
  1.  Apakah keterlambatan sekolah mengganggu pelajaran?
a.       Ya
b.       Tidak

Kelebihan angket tertutup
1.       Mudah diisi
2.       Waktu cepat
3.       Responden bebas menjawab
4.       Mudah diolah

ANGKET TERBUKA
Responden diberikan kebebasan untuk menjawab pertanyaan dengan  kalimat sendiri.
Contoh ;    Hukuman apakah yang  sesuai jika siswa terlambat sekolah ?
Jawab ;……………………………………………..
Kelebihan :
  1. Responden bebas menjawab sesuai dengan pendapatnya
  2. Variasi jawaban memperluas pandangan peneliti
Kekurangan :
  1. Sulit siolah karena jawaban beraneka ragam
  2. Membutuhkan waktu lama utnuk menjawab dan mengolah datanya

ANGKET SEMI TERBUKA
Responden menjawab dengan jawaban yang tersedia, namun masih diberikan kebebasan untuk mencari jawaban alternative bila jawaban yang tersedia kurang cocok.
Contoh ;
  1. Menurut anda  sanksi apakah yang paling sesuai  jika siswa terlambat sekolah ?
a.       Diberi teguran/ peringatan keras/SP
b.       Dipulangkan
c.        Diberi hukuman fisik
d.       Diberi hukuman non fisik
e.        ……………………………………(sebutkan)
Kelebihan :
  1. Responden bebas mengemukan pendapatnya
  2. Peneliti memperoleh variasi jawaban  yang mungkin tidak tergali
Kekurangan

  1. Sulit mengolahnya karena jawaban bervariasi
PRAKTEK
 Buatlah sampel angket  terbuka, tertutup, semi terbuka  masing-msing 5 subvarabel. Diskusikan dengan teman satu kelompokmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar