Senin, 06 Januari 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ke-1


SMA                                       :  SMA Kesatuan
Mata Pelajaran                      :  Sosiologi
Kelas/Semester                     :  XI/GENAP
Alokasi Waktu                      :  2 x 45 menit
         Standar Kompetensi             :  2   Menganalisis kelompok sosial dalam masayrakat multikultural
         Kompetensi Dasar               :  2.1. Mendeskripsikan  erbagai kelompok sosial  dalam fenomena kehidupan
======================================================================
A.     Indikator

  • Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multicultural

  • Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultural

B. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat   menggali informasi  melalalui studi pustaka dan media massa tentang masyrakat multikultural

C. Materi Pembelajaran
Standar Kompetensi Lulusan :
               
KELOMPOK SOSIAL

1.       pengertian kelompok sosial
Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya manusia saling tergantung dengan manusia lain. Ketergantungan dan keterkaitan tersebut mendorong timbulnya kelompok sosial. Kelompok sosial merupakan kumpulan individu yang memiliki hubungandan sling berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya kebersamaan dan rasa memiliki
        Suatu kelompok sosial cenderung bersifat dinamis, selalu berkembang dan mengalami perubahan dalam aktivitas maupun bentuknya
        Setiap kelompok osial mengembangkan sistem  norma dan kebudayaannya sendiri-sendiri. Kenyataan ini menjadi benih munculnya masyarakat
     
2.       Dasar dasar pembentukan kelompok sosial
Beberapa dasar yang melandasi masyarakat membentuk kelompok sosial secara umum adalah.
  1. kepentingan yang sama
  2. factor geografis
  3. darah dan keturunan yang sama
  4. daerah asal yang sama

3.       Bentuk-bentuk kelompok sosial
Bentuk-bentuk kelompok sosial dapat dibedakan berdasarkan cara terbentuknya, erat longgarnya kualitas hubungan antar anggota, pencapaian tujuan dan sudut pandang individu
1.       berdasarkan cara terbentuknya, dibedakan menjadi kelompok semu dan kelompok nyata
a.       kelompok semu dibedakan dalam bentuk
1.  .  kerumunan
2..    massa
3.     publik
 b.   kelompok nyata
        1.   kelompok statistic
        2.   kemasyarakatan
        3.   kelompok asosiasi
        4,   kelompok sosial
2.       Berdasarkan erat longarnya ikatan antar manusia menurut Ferdinand Tonnies  yaitu
a. paguyuban/ gemeinschaft= bentuk kehidupan bersama yang anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah dan bersifat kekal contoh: kelompok kekerabatan, keluarga, RT, RW
Ciri paguyuban :  intimate, private, exclusive
B. patembayan/ gesellschaft merupakan iatan lahir yang bersifat pokok , hanka waktu pendek, bersifat p[ikiran / imaginary struktur bersifat mekanis, ada perjanjian timbale balik contoh ikatan pedagang, serikat pekerja
Ada 3 tipe paguyuban;
a. paguyuban karena ikatan darah berdaarkan keturunan contoh keluarga, kelompok kekerabatan
b. paguyuban karena tempat , cirri tinggal berdekatan, saling tolong menolong contoh RT RW, arisan
c. paguyuban karena jiwa pikiran

3.       berdasarkan kualitas hubungan antar anggota / Charles Horton Cooley
a. kelompok primer
cirri kenal –mengenal, kerjasama erat, bersifat pribadi, kelompok kecil, kesamaan tujuan kelompok
b.  kelompok sekunder
kelompok besar terdiri dari banyak orang contoh Negara

4.       Berdasarkan pencapaian tujuan
a.  kelompok formal adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan anggota untuk mengatur hubungan
contoh ;  OSIS
b. kelompok informal= kelompok yang tidak mempunyai struktur organisasi yang pasti terbentuk karena sering ada pertemuan-ertemuan contoh  reuni
5.       berdasarkan sudut pandang individu
Roberrt K Merton
a.  in group/ kelompok sendiri
b.  out group/ kelompok luar
Bentuk kelompok menurut Robert merton
a.  membership group
b. reference group
Bentuk kelompok menurut Emille durkheim
a. kelompok organis
b. kelompok mekanis


D. Metode Pembelajaran
·         Metode :  Ceramah, diskusi, penugasan

E. Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan (15 menit)
  • Guru memotivasi siswa
  • Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
  • Guru menjelaskan tentang pengenalan atom
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Eksplorasi
·         Guru membagi kelompok untuk melakukan diskusi
·         Guru memberikan tugas kelompok
  • Siswa mencari informasi tentang KELOMPOK SOSIAL melalui studi literatur melalui perpustakaan/internet.
  • Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa

b. Elaborasi
  • Siswa mendiskusikan hasil studi literatur bersama kelompok
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusi
  • Guru memfasilitasi siswa untuk mengajukan pertanyaan/pendapat pada saat diskusi
c. Konfirmasi
  • Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
  • Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar tentang KELOMPOK  SOSIAL
  • Guru memberikan umpan balik positif terhadap siswa/kelompok yang aktif dalam melaksanakan diskusi
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum/kurang aktif dalam melaksanakan diskusi.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
Siswa menyimpulkan hasil diskusi dengan dibantu oleh guru
Guru memberikan evaluasi berupa kuis yang dikerjakan secara individu


F.  Sumber dan Media Pembelajaran
Janu Murdiyanto dan Citra Handayani, 2011. Advanced Learning Sociology 2. Bandung : Grafindo , Dra. Kun Maryati dan Juju Suryawati,S.Pd (2010), Sosiologi untuk SMA dan MA
Kelas XII,Jakarta:Penerbit Erlangga
buku penunjang lainnya, serta internet yang dapat diperoleh antara lain dari web-web berikut ini:
-   www. Kompas.org
Media    : lembar kerja siswa, modul , kliping Koran dari Kompas


A.   b. Unjuk kerja
        1)  Aspek yang dinilai
    Afektif :
·   Ketepatan waktu dalam mengumpulkan laporan
·   Disiplin dalam menyimak siswa lain yang sedang presentasi
·   Keaktifan siswa dalam melaksanakan diskusi


2) Tabel penilaian   Afektif

Aspek yang dinilai
Tinggi
Sedang
Rendah

  • Ketepatan waktu dalam mengumpulkan laporan

  • Disiplin dalam menyimak siswa lain yang sedang presentasi

  • Keaktifan siswa dalam melaksanakan diskusi


Tepat waktu

,menyimak
Menanggapi

Bertanya
Dan menanggapi

Terlambat sehari

Menyimak

bertanya

Terlambat lebih dari sehari

Tidak menyimak

Tidak bertanya maupun menanggapi

Penilaian  Observasi Perilaku

INDIKATOR
SKOR MAX
SKOR ANDA
Fokus pada hal-hal yang dilakukan
5

Aktif mencari dan mengusulkan pemecahan masalah
5

Melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab
5

Mendorong dan mendukung usaha teman-teman dalam kelompok
5

Mendengarkan dengan penuh perhatian, berinteraksi , berdiskusi dan mengajukan pertanyaan ketika berdiskusi
5

Membuat kesepakatan yang diperlukan guna menyempurnakan tujuan bersama
5

Hasil kerja kelompok
5

SKOR TOTAL





Tidak ada komentar:

Posting Komentar